5 Jenis Penyakit Ayam Petarung Yang Mematikan|my

5 Jenis Penyakit Ayam Petarung Yang Mematikan
[ 13-12-2017 ]

5 Jenis Penyakit Ayam Petarung Yang Mematikan

5 Jenis Penyakit Ayam Petarung Yang Mematikan

Sabung Ayam – Di dalam dunia sabung ayam ini, terdapat banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang seekor ayam petarung. Oleh karena itulah di dalam merawat ayam petarung dalam kehidupan sehari – hari itu ayam petarung membutuhkan perhatian yang khusus, terutama mengenai kebersihan sekitarnya dan kondisi kesehatannya.

Maka dari itu, berikut di bawah ini akan kami jelaskan kepada Anda mengenai 5 jenis penyakit ayam petarung yang mematikan yang bisa Anda simak berikut ini:

1. Tetelo

Jenis penyakit yang satu ini biasanya diakibatkan oleh virus Nd yang sangat sulit untuk disembuhkan. Ayam petarung yang sudah terkena penyakit yang satu ini akan mengalami gejala – gejala seperti sulit untuk bernafas, bersin – bersin, batuk, ngorok, dan penurunan stamina serta kotorannya juga berwarna merah. Apabila ada seekor ayam petarung yang terkena penyakit yang satu ini maka sudah bisa dipastikan ayam petarung tersebut sudah tidak bsia tertolong lagi. Cara satu – satunya yang bisa Anda gunakan adalah dengan membakarnya atau menguburnya hidup – hidup. Hal ini harus Anda lakukan supaya penyakit ini tidak menular kepada ayam petarung yang lainnya yang masih sehat kondisi kesehatannya.

2. Berak Berdarah

Ayam petarung yang terkena penyakit yang satu ini bisa Anda ketahui melalui kondisi kesehatannya yang sangat melemah, sering mencret, nafsu makan yang berkurang, bulu menjadi kusam dan pucat, sayap yang menggantung – gantung, badan yang mengigil seperti orang kedingingan. Supaya Anda bisa mencegah ayam petarung Anda dari penyakit yang satu ini maka Anda bisa melakukan dengan cara menjaga area kebersihan kandangnya dan lingkungan sekitarnya maupun peralatan kandang yang akan Anda gunakan padanya. Akan tetapi, terdapat juga beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan ayam petarung yang sudah terjangkit penyakit berak berdarah ini yaitu dengan memberikan obat Tetra Chlorine atau Anda juga bisa mencampurkan obat Trisula Zuco ke dalam segelas air dan langsung meminumkannya pada ayam petarung Anda. Akan tetapi, penggunaan dari obat tersebut haruslah Anda sesuaikan dengan aturan dan takaran yang sudah tercantum di dalam kemasan obat tersebut.

3. Berak Putih

Jenis penyakit berak putih ini merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menular di dalam dunia sabung ayam online. Apabila ada 1 ayam petarung yang terkena penyakit yang satu ini, maka penyakit ini akan dengan cepat menyebar dan menular ke ayam petarung lainnya. Penyakit yang satu ini bisa Anda kenali melalui gejalanya seperti kotoran ayam yang tiba – tiba menjadi warna putih, nafsu makan dari ayam tersebut pun akan berkurang, bulunya menjadi kotor dan kusam, sayap yang bergantung, serta juga sulit untuk bernafas. Untuk mencegahnya bisa Anda lakukan dengan cara melakukan penyemprotan pada kandang dan lingkungan sekitarnya. Cara untuk menyembuhkannya pun bisa Anda lakukan dengan cara memberikan obat Trimezin atau Tetrachlor, akan tetapi takaran dari obat tersebut haruslah sesuai dengan aturan yang sudah tercantum di dalam kemasan obatnya. Apabila ayam petarung tersebut sudah parah kondisinya, maka cara satu – satunya adalah Anda harus membakarnya atau menguburnya hidup – hidup.

4. Brochitis

Penyakit yang satu ini bisa menyerang ayam petarung Anda kapan saja, baik itu di usianya yang masih kecil, maupun yang sudah dewasa sekalipun. Penyakit brochitis ini juga sangat mudah sekali untuk menular. Penyakit ini juga memiliki gejala yang mudah untuk Anda kenali yaitu ayam Anda akan terlihat lemas, bulunya yang kusam, sulit bernafas, badan yang bergemetar terus, dan bagian leher yang sedikit melintir. Untuk mencegah penyakit yang satu ini dan menyembuhkannya bisa Anda berikan pakan yang cukup nutrisinya serta Anda juga harus memberikan vaksin IB yang aktif. Pemberian vaksin ini bisa Anda lakukan dengan cara meneteskannya langsung pada mata ataupun lubang hidung ayam Anda.

5. Cacingan

Sebenarnya penyakit cacingan ini juga termasuk penyakit yang berbahaya, apabila Anda telat untuk menanganinya maka ayam Anda akan berujung kematian. Penyakit ini biasanya sering diakibatkan oleh faktor kandang dan lingkungan yang kotor dan tidak terawat. Gejalannya pun bisa Anda ketahui dengan melihat ayam Anda akan cepat lurus, tubuhnya yang lemas dan tidak bertenaga sama sekali. Cara untuk mencegahnya bisa Anda lakukan dengan cara selalu membersihkan kandang dan area sekitarnya secara rutin dan teratur yang disertai juga dengan pemberian pakan yang bergizi. Dan untuk menyembuhkan ayam yang terkena penyakit cacingan ini bisa Anda berikan obat – obatan tradisional seperti tembakau, daun pepaya, dan buah pinang serta Anda juga bisa memberikan obat kimia seperti Levaminzol, Piperazin, dan Exitor. Untuk memberikan obat kimia ini bisa Anda berikan pada pagi hari sebelum ayam tersebut Anda berikan makanan.

Baca Ini : Keunggulan Ayam Panus Yang Masih Misteri

Demikian informasi mengenai 5 jenis penyakit ayam petarung yang mematikan, semoga dengan informasi yang telah kami berikan ini bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia judi sabung ayam online.