" Tips Dalam Mengolah Limbah Bulu Ayam : Bagian I "|my

" Tips Dalam Mengolah Limbah Bulu Ayam : Bagian I "
[ 16-12-2017 ]

" Tips Dalam Mengolah Limbah Bulu Ayam : Bagian I "

Ternyata Limbah Bulu Ayam Memiliki Beberapa Manfaat Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Sabung Ayam - Limbah dari bulu ayam selama ini oleh kebanyakan orang telah diketahui selalu dengan cara dibakar atau berakhir pada tempat pembuangan sampah. Tetapi, dengan beberapa kreativtias serta cara yang tertentu limbah bulu ayam tersebut dapat disulap menjadi berbagai produk yang sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa tips memanfaatkan kembali atau mendaur ulang limbah bulu ayam :

* Kaligrafi Dari Limbah Bulu Ayam

Salah satu warga Subang yang bernama Tasdik berusia 67 tahun yang adalah merupakan pensiunan PNS itu menyulap limbah dari bulu sabung ayam online tersebut menjadi sebuah kaligrafi. Suatu karya seni yang bernilai sangat tinggi. Untuk membuatnya cukup memerlukan peralatan yang sederhana saja, yaitu berupa pensil, penggaris, tali, lem kayu serta triplek yang akan digunakan sebagai media sebuah kaligrafi. Tentunya bahan paling utama yaitu bulu ayam. Untuk proses dalam membuat kaigrafi dari bulu ayam tersebut sebenarnya sangat mudah, tetapi tentu saja pembuatnya diharuskan mempunyai keahlian dalam melukis kaligrafi.
Pada awalnya pola kaligrafi akan dibuat terlebih dulu oleh Tasdik di dalam triplek. Selanjutnya supaya bentuk dari kaligrafi akan terlihat rapi, tali akan dipasang mengikuti pola tersebut. Bulu ayam juga ditempelkan sesuda terpasangnya tali pada pola yang telah dibuat. Untuk membuat kaligrafi tersebut, semua bulu judi sabung ayam bisa digunakan. Tetapi, supaya lebih indah lagi, Tasdik akan lebih memilih bulu ayam yang akan masuk pada musim kawin. Tasdik mempunyai ide tersebut dikarenakan melihat limbah bulu ayam tidak pernah dimanfaatkan, sehingga pada akhirnya ia juga menjadikannya sebagai bahan untuk membuat sebuah kaligrafi bulu ayam tersebut. Tasdik menjual karyanya tersebut mulai dari harga paling murah dua juta rupiah hingga ada juga yang mencapai puluhan juta rupiah tergantung dari ukuran serta tingkat kesulitannya.

* Tepung Dari Limbah Bulu Ayam

Rasa penasaran tentu saja muncul disaat mengetahui bulu video sabung ayam dapat menjadi tepung. Miftakhul Ulum, Owner dari CV Lancar Jaya Enginering menggunakan sebuah mesin yang berkemampuan untuk mengubah bulu ayam menjadi tepung. Mesin yang dengan nama mesin tepung bulu ayam tersebut, adalah merupakan yang paling pertama kali di Indonesia. Biasanya bulu ayam sangat banyak dibuang, namun dengan menggunakan mesin tersebut, bulu ayam ini dapat dijadikan sebagai tepung berprotein tinggi untuk pencampuran pakan ternak ataupun ikan.

Baca Juga : Manfaat Dari Mempelihara Ayam Kampung : Bagian I


Bulu ayam akan diperas airnya dengan mesin tersebut kemudian airnya pun dikukus dengan dicampurkan enzim lalu dimasukkan kedalam oven. Hingga pada akhirnya akan dihaluskan menjadi tepung. Dalam satu hari mesin yang dengan kapasitas satu ton tersebut mampu menghasilkan 2 ton tepung. Adapun harga jual dari mesin tersebut yaitu Rp 300 juta per unit. Sedangkan untuk kapasitas yang 2 kuintal harganya Rp 100 juta per unit serta mampu menghasilkan 8 kuintal tepung dalam satu harinya.