" Beberapa Hal Harus Anda Perhatikan Apabila Ingin Usaha ternak Ayam Kalkun "|my

" Beberapa Hal Harus Anda Perhatikan Apabila Ingin Usaha ternak Ayam Kalkun "
[ 18-12-2017 ]

" Beberapa Hal Harus Anda Perhatikan Apabila Ingin Usaha ternak Ayam Kalkun "

Berternak Ayam Kalkun Sangatlah Mudah Sekali Dalam Hal Perawatan Maupun Pakannya

Sabung Ayam - Masih sangat jarang sekali peminat untuk berternak ayam kalkun. Para masyarakat Indonesia biasanya akan lebih memilih untuk beternak ayam kampung ataupun ayam potong saja. Namun saat ini dikarenakan permintaan dari pasar terhadap ayam kalkun telah meningkat, maka telah banyak juga beberapa peternak ayam yang membudidayakan ayam kalkun dalam area peternakan mereka.

Ayam kalkun adalah merupakan unggas sabung ayam online yang mempunyai bentuk tubuh yang lebih tinggi serta besar dibanding dengan ayam kampung. Jika ayam kalkun merentangkan sayapnya dapat mencapai 1,5 - 2 meter. Bentuk dari fisik inilah yang membuat kita bisa dengan mudah mengenali ayam kalkun tersebut. Apabila anda berminat untuk menjadi salah satu pengusaha ternak ayam kalkun, maka alangkah baiknya apabila anda mengetahui terlebih dulu cara dalam beternak ayam kalkun satu ini supaya tidak mengalami kerugian yang fatal dikarenakan kesalahan dalam merawatnya.

Admin Akan Memberikan Tips Untuk Anda Dalam Merawat Ayam Kalkun Dengan Baik Serta Benar :

Menentukan Bibit Ayam Kalkun Yang Baik

Apabila ingin mempunyai ayam kalkun dewasa yang berkualitas bagus, maka pertama kali yang harus anda lakukan yaitu dengan menentukan bibit ayam kalkun yang bagus terlebih dulu. Memastikanlah bahwa pada bibit ayam kalkun yang akan anda rawat nantinya tidak mempunyai cacat pada tubuhnya dan ayam kalkun tersebut sehat serta berpostur tubuh yang tegap juga besar.

Lokasi Kandang Untuk Ayam Kalkun

Lokasi untuk mengembangbiakan ayam kalkun satu ini harus cukup aman serta nyaman. Pilihlah lokasi lebih jauh dari gangguan para manusia maupun gangguan dari hewan lainnya, dikarenakan pertumbuhan ayam kalkun tersebut sangat sensitif sekali terhadap hal tersebut. Lokasi didekat danau, sungai maupun sawah adalah merupakan lokasi yang paling sesuai untuk mengembangbiakan unggas judi sabung ayam tersebut. Beberapa lokasi ini bisa mempermudah ayam kalkun untuk mencari tambahan makanan yang akan mereka konsumsi. Ayam kalkun tersebut lebih baiknya diumbar dibanding dibiarkan dalam kandang saja. Tetapi tetap membuatkan kandang yang lebih besar untuk ayam kalkun tersebut berteduh dari terik matahari dan hujan.

Perawatan Pada Ayam Kalkun

Ayam kalkun satu ini adalah merupakan jenis unggas video sabung ayam yang sangat mudah dipelihara. Pakan untuk ayam kalkun juga sangat mudah sekali, hanya cukup memberikan dedak ataupun katul dengan pencampuran sayuran seperti kangkung serta sayuran hijau yang lainnya. Untuk ayam kalkun dengan usia 1 hingga 45 hari biasanya membutuhkan suhu yang hangat dengan kisaran suhu 30 hingga 45 derajat. Anakan dari ayam kalkun yang masih belum dewasa umumnya memerlukan pakan yang berupa BR-1 dengan tambahan pencapmuran air panas serta sayuran seperti sawi maupun sayur hijau lainnya.


Baca Juga : Cara Membuat Mesin Penetas Telur Ayam Dengan Bahan Yang Simpel


Ayam kalkun yang telah berusia 45 hingga 180 hari telah memasuki masa dewasanya. Apabila ayam kalkun telah dewasa seperti itu, maka telah bisa dilepaskan diluar kandang. Jika ayam kalkun telah memasuki masa dewasanya tersebut, maka akan terlihat jenis kelamin ayam kalkun tersebut. Jika telah mengetahui jenis kelamin pada ayam kalkun, alangkah baiknya apabila anda segera memisahkan kandangnya diantara ayam kalkun pejantan dengan ayam kalkun betinanya. Dalam usia yang telah mencapai 240 hari umumnya ayam kalkun betina telah siap untuk dikawinkan atau bereproduksi. Ciri yang akan ditampilkan dari ayam kalkun betina yang telah siap kawin yaitu ayam betina tersebut akan terlihat merunduk-runduk.