Hal Yang Ditakuti Ayam Petarung Meski Menjadi Juara Sabung Ayam|my

Hal Yang Ditakuti Ayam Petarung Meski Menjadi Juara Sabung Ayam
[ 27-12-2017 ]

Hal Yang Ditakuti Ayam Petarung Meski Menjadi Juara Sabung Ayam

Hal Yang Ditakuti Ayam Petarung Meski Menjadi Juara Sabung Ayam

Sabung Ayam - Kita tidak perlu lagi meragukan keberanian yang dimiliki oleh ayam petarung. Ayam petarung merupakan salah satu jenis hewan yang diciptakan dengan memiliki naluri dan mental yang tinggi sejak dari kecilnya. Apalagi bila kita berbicara tentang ayam petarung yang sudah menjadi peserta pertandingan sabung, maka sudah jelas mental yang dimilikinya pun juga akan semakin mengganas.

Pada setiap pertandingan sabung, biasanya ayam yang menjadi pesertanya adalah ayam yang sudah siap secara fisik dan mental. Tanpa fisik yang sempurna, ayam tidak akan bisa bertarung dengan sempurna. Anda bayangkan saja apa yang akan terjadi bila ayam petarung anda memiliki ukuran kaki yang pendek sebelah. Bila hal itu terjadi pada ayam anda, maka sudah pasti ayam tersebut akan mengalami kesulitan pada saat sedang bergerak, terutama melangkan dan melompat.

Meskipun begitu, tahukah anda meskipun ayam petarung berani menghadapi ayam petarung lainnya dan bahkan manusia, tetapi mereka tetap takut dengan yang namanya penyakit dan hama.

Berikut ini cuplikan video sabung ayam yang membuktikan bahwa mental ayam sangat besar sekali.

1. Penyakit

Secara garis besar, penyakit yang paling berbahaya bagi ayam adalah penyakit yang menyerang kesehatan tubuh dari ayam, ketimbang fisik luarnya. Lebih dari 80% penyebab ayam petarung harus merenggang nyawa karena terserang penyakit dalam. Penyakit seperti flu burung, virus serta bakteri lainnya bisa dapat dengan cepat mencabut nyawa ayam kesayangan anda. Penyakit pada bagian fisik ayam dapat dengan mudah kita obati. Selain itu untuk membersihkan kotoran juga dapat kita lakukan dengan memandikannya dengan air panas secara tepat.

Itulah sebabnya ayam petarung sangat membutuhkan sekali yang namanya imunisasi ataupun setidaknya jamu. Agar dapat menjaga kesehatan mereka dari dalam.

Baca juga : Cara Mengetahui Kondisi Ayam Petarung Saat Kondisi Sehat Dan Saat Sedang Sakit

2. Hama

Hama bagi hewan adalah hewan lainnya. Berbagai macam jenis hawa hewan dapat menjadi ancaman bagi ayam petarung. Katakanlah seperti tikus dan ular. Kedua jenis hewan ini sangat begitu terkenal dengan kelakuannya yang sering menyerang ayam. Tikus sering kali menyelinap masuk ke kandang ayam untuk mencuri makanan sehingga terjadi pergelutan dengan ayam. Luka gigitan yang diberikan tikus bisa sangat berbahaya, terlebih lagi bila tikus bisa menggigit bagian leher ayam petarung kita. Lalu kemudian ular. Ular menganggap ayam sebagai mangsa lezatnya. Ayam kesayangan anda yang pernah menjadi juara pada pertandingan judi sabung ayam bisa saja dilahapnya tanpa sepengetahuan anda pada malam hari.

Itulah sebabnya, penting sekali bagi para peternak untuk bisa memperhatikan kondisi lingkungan terhadap kandang dari ayam petarung jagoan anda. Pastikan ayam berada di lingkungan yang bisa memberikan keamanan bagi ayam tersebut, baik secara jasmani maupun rohaninya.